Helloooo. Lama banget gue kagak nulis di blog. Kebanyakan gue emang mbacot di Twitter. Terakhir nulis itu Juni 2010, and now, udah tahun 2011 bung ! yaah, gue harap tulisan pertama gue semenjak vakum di dunia perblogan kagak jelek jelek amat (emangnya dulu bagus ?) Whatever !

Sekarang gue udah jadi mahasiswa. Lebih tepatnya mahasiswa di Universitas Islam Indonesia. Universitas yang satu ini, terletak di kota pelajar, Yogyakarta. Hahaha. Pengin ketawa, karena bagi gue pindah ke kota Yogyakarta merupakan transformasi bahasa dari ngapak ke mbadeg. Udah tahu dari ngapak ke mbadeg, di blog masih nulis kata 'gue' aja, hahaha.

Yaah, menurut gue sih, gue udah (bukan) lagi seorang pelajar lagi, kayak dulu SMA. Lha terus ngapain pindah ke kota pelajar coba (?) Gini lo gue jelasin, Mahasiswa itu bukan lagi saatnya diajar sama pengajar. Lha iyaa, diajarnya harusnya sama dosen. Maksudnya, mahasiswa bukan lagi seorang keledai yang selalu salah dan guru bukan lagi dewa yang selalu benar (mengutip kata-kata Soe Hoek Gie)

Di perguruan tinggi, menurut gue, harusnya yang ada mahasiswa saling bertukar pikiran sesama mahasiswa atau dengan dosen, berhubung mahasiswa pasti udah bisa nalar, sedangkan tugas dosen harusnya mengarahkan dan menjadi penerang di saat kebuntuan menjelang. Kalaupun ada materi, ya harus ada praktek nyata donk, kalo di Fakultas Biologi lah baru di praktekin berbahaya (?)

Oia, ada yang ketinggalan, di UII, gue masuk Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen. Jangan tanya kenapa gue milih jurusan ini deh, 10 tahun lagi juga ntar terjawab. Nah, inti dari manajemen itu emang praktek, ga bisa donk karakteristik manajer, semisal pantang menyerah, kreatif, punya jiwa pemimpin, kritis itu diajarkan dari mulut dosen ke telinga mahasiswa.
Jadi harus ada praktek nyata sembari materi. Catatan ini tidak bermaksud 'menusuk' pihak manapun, hanya pemikiran seoarang mahasiswa baru^^

0 komentar:

Posting Komentar